Langsung ke konten utama

Ramuan Sederhana dari Bumbu Dapur

Kadang-kadang emang kita nggak bisa menyepelekan bumbu dapur sebagai P3K dirumah, apalagi peralihan musim.. kadang tiba-tiba daya tahan tubuh menurun karena kecapekan, stress, tidak menjaga makan dan minum dan banyak banget penyebabnya..trus malam2 kerasa sakit..khan bisa langsung ke dapur mengolah apa yaa kira2 yg bisa sedikit meredakan rasa sakit misalnya aja :

Bawang Putih
Resep dari Susi Susanti (Pebulutangkis Nas) : kalo beliau merasa akan flu.. langsung aja makan, makanan yang berkuah yang dicampur dgn bawang putih yg digeprak. Udah lama Bw. Putih ini diketahui jadi bahan antibakteri.
Radang tenggorokan : 1 siung bw.putih di keprak, campur dgn 1 sdm madu dan dimasukkan dalam air hangat, diminum 3x sehari.
Kalo saya sendiri biasanya, klo ada tiba2 batuk dirumah malam2.. yaa langsung aja bikin kecap-jeruk nipis.. dan kalo suara batuknya rada2 parau gt.. saya coba tambahkan parutan bawang putih.. biasanya lumayan bisa menenangkan batuk dan di evaluasi lagi besok pagi, untuk ke dokter.

Bawang Merah
Kalo ngiris bw. Merah.. bikin kita nangis yaa.. hehehe.. buat yg gembeng kyk aku dikira terkekan hahaha...btw itu karena bw. Merah punya kandungan enzim elinase yg klo diiris bereaksi dgn sulfur sehingga menimbulkan aroma tajam dan bikin air mata keluar. Tapi lepas dari bw. Merah bikin melankolis.. dia juga bermanfaat untuk melindungi sistem sirkulasi tubuh dari serangan penyakit.
Tips rumahan.. klo anak2 sakit perut, gak enak badan.. kayak masuk angin gitu..:
Bw.merah diiris jadi 2-3, kulit gak usah dibuang.. trus diremet dikit, dicampur minyak kayu putih.. dipake buat kerokan.. klo buat anak2 khan ga sakit yaa.. setelah itu sisanya dilumat2 dan digosokkan pada dada dan perut.
Demam : jam 12 mlm anak tiba2 demam..dikompres masih belum membantu..kadang juga parasetamol habis.. Bawang merah bisa jadi andalan..bawang merah di iris2 dicampur dgn minyak goreng baru,dan dicampur perasan jeruk nipis.. dibalurkan di seluruh tubuh.. pengalaman sih lumayan ampuh.
Ada lagi khasiat bw. Merah yg biasa aku buat, untuk cantengen hahaha.. penyakit gak keren yaa... 1 butir bw. Merah di remas2 dgn gula sedikit.. trus di taruh di jari yg cantengen.. trus dibalut pake kasa steril. Bengkaknya akan segera kempes dan nyerinya ilang.. :))

Ketumbar ; menurut orang2 tua :) moga aku belum tua hahaha.., ambil sejumput ketumbar dan dikunyah atau di tambahkan dalam air mendidih sebanyak 1 gelas. Ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Jahe : wedang jahe.. emang enak banget buat yang suka..jahe bisa menghindarkan kita dari mabuk perjalanan, mual dan penghangat tubuh. Kabarnya juga baik untuk meredakan batuk, dan pilek. Tapi untuk batuk.. saya rada hati2 pake Jahe..karena ada beberapa buku menuliskan begitu, dikhawatikan klo ada radang semakin memperparah. Jadi klo batuk paling aman buat saya yaaa.. kecap, jeruk, bawang putih tadi..

Sereh : wah.. kalo yg ini resep yg saya dapatkan waktu saya lagi gak enak badan serasa mau flu, tenggorokan sakit,pegel2, hidung rada2 mampet,dan harus berangkat kerja. Teman menyararankan untuk membuat wedang sereh. Sereh di rebus dgn air dan di tambahkan gula jawa.. hmmm...

Kunyit : Dulu waktu kecil, kalo sariawan.. panas dalam.. karena waktu kecil sampe SMP aku sering mimisan,mama sering ngasih aku ramuan kunyit madu.. tahu khan cara bikinnya.. gampang...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendapat Hidayah ....Saya Menyebutnya Seperti Itu ...

Gmb diambil : Kumpulan Gbr Kucing Imut Apakah kita punya Phobia ? Phobia itu menurut wikipedia adalah Rasa Takut yang berlebihan pada suatu hal atau Fenomena. Sebagian orang mungkin merasa aneh yaaa... misalnya aja takut kucing. Sebagian orang bingung , kenapa sih dengan kucing ? Lihat dia lucu kenapa takut ? Dan itulah yang terjadi pada saya dan mungkin juga pada sebagian orang yang takut sama Kucing. Takut Kucing itu berawal ketika lagi santai cuci piring, entah kenapa ada kucing yang mungkin lagi dikejar sesuatu , lari kenceng dan ngelewati kakiku. karena larinya kenceng dan keliatan keburu - buru , kukunya nancap di ibu jariku.. dan langsung muncrat mengeluarkan darah karena kulitku sobek. Waktu itu aku spontan teriak kencang memanggil kakakku sambil nahan rasa sakit. Sejak itu entah kenapa ada rasa marah, juga trauma kalo ada kucing di dekatku. Nyenggol bulunya sedikit aja udah begidik disertai perasaan yang aku nggak tau apa itu. Anehnya itu hanya terjadi pada kucing bukan H

Pisang Goreng Pasir

Pisaaaang....... Buah Pisang memang buah yang bisa diolah menjadi bermacam-macam penganan , bisa dijadikan bubur , cake pisang , dikukus , digoreng apalagi bisa digoreng tepung biasa, dipotong kecil-kecil trus dicampur tepung , namanya ganti lempang lempung , dan lain-lain Kandungan Pisang ada 6 yaitu , air, gula , protein, lemak , Vitamin dan Mineral. Karena kandungan gizi yang lemgkap dari buah Pisang ini , manfaat bagi kesehatanpun juga banyak , antara lain untuk Meningkatkan kekebalan Tubuh Obat Hipertensi Mencegah Kesehatan jantung Kesehatan janin Mengatasi Anemia Mengatasi gangguan pencernaan Menurunkan berat badan Naaaaaah, kalo sudah tahu Kandungan dan khasiatnya.... Yuuuk sekarang kita bikin  :  "PISANG GORENG PASIR" Resepnya............... Bahan : Pisang Kepok 1 sisir Tepung Pisang Goreng rasa menurut selera (Cappucino / strawberry) Tepung Panir Cara Membuat : Campur Tepung dengan air  dan masukkan pisang yg telah dikup

Daging Bumbu Lapis

Yuuuk.... dicoba.... barangkali cocok untuk keluarga Anda..... Bahan : Daging has dalam / lulur ( iris tipis lebar ) -500 gr Kentang  ( Iris sesuai selera ) Bumbu Halus : Bawang Merah 6 butir Bawang Putih 4 butir Merica Kemiri 1/4 Biji Pala Garam Gula Kecap manis air asam Bahan Tambahan : Bawang Goreng untuk taburan  dan 3 buah cengkeh Cara Membuat : Campur daging bersama bumbu halus dan diamkan Goreng kentang setengah Matang Tumis campuran daging sampai keluar air dan daging berubah warna Masukkan bunga cengkeh Tambahkan air untuk mengempukkan daging. sampai airnya agak menyusut dan daging sudah empuk , masukkkan kentang gorengnya. tunggu sebentar sampai air menyusut  ( nyemek-nyemek ) dan matikan api.. Taburi  bawang merah goreng.