Langsung ke konten utama

City Tour Of Blitar

Seperti kebanyakan kota kabupaten , Blitar memang masih nyaman untuk dipakai sebagai tujuan wisata kota. Selain di Blitar terdapat makam dan museum Presiden RI yg pertama yaitu Bapak Ir. Soekarno, disana juga ada banyak wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi terutama ketika kita ingin mengenalkan sejarah Indonesia kepada anak-anak kita.
Saya selalu tertarik untuk mengenalkan sejarah Indonesia kepada anak2. Di setiap kesempatan yang ada waktu kami bersama anak-anak, dengan senang hati kami akan mengajak anak-anak untuk melihat sejarah Bamgsa, karena saya kok merasa kurikulum di sekolah sekarang agak minim mengupas sejarah. Pelajaran Sejarah pun sekarang sudah digabung menjadi IPS. But it’s ok ..... sekolah bukan satu-satunya anak-anak belajar. Hanya sekitar 6 jam mereka di sekolah, selebihnya bersama kami dirumah.
Sedikit intermezo muter-muter cerita saya tentang sejarah yang sebenarnya tujuan saya sih cerita perjalanan kami ke Blitar.
Setelah sholat subuh, kami langsung berangkat ke stasiun Krian untuk menunggu kereta Dhoho - Penataran menuju Blitar.
Kereta tiba pas jam 05.05 menit dan kami pun menmpuh perjalanana dengan kereta lokal kelas ekonomi ini selama 5 jam. Sesampai di Stasiun Blitar sekitar jam 10 pagi. Di stasiun kami mencari mobil carter untuk membawa kami berkeliling kota Blitar.
Tujuan kami yang pertama adalah mencari pengisi perut dulu. Kuliner khas yang kami kunjungi adalah “ SOTO BOK IRENG “ Soto daging dan jeroan yang terletak di Pojokan Jalan Kelud pas samping Traffic light. Soto nggak niat kata orang yang suka makan porsi besar hehehe, karena SOTO BOK IRENG porsinya sangat kecil, hanya semangkuk kecil nasi soto yang cenderung berasa manis kecap. Tetapi walaupun porsi kecil, rasanya... hmmmm... nyummie... cocok untuk porsiku dan anak-anak. Semangkuk nasi soto dibandrol harga 8000 rupiah. Kenapa dinamakan SOTO BOK IRENG ? Karena ternyata waktu kami ke samping warung, disana ada BOK ( Tempat duduk terbuat dari semen ) yang berwarna hitam.
Kenyang.... dan perjalanan kami lanjutkan ke Makam dan Museum Bung Karno. Memasuki area makam dan museum , kami disambut dengan pohon Maja yang sedang berbuah. Senang sekali ketemu pohon Maja karena pohon ini sepertinya hanya ditanam di tempat-tempat tertentu seperti museum. Pohon Maja ini juga saya pernah temui di Museum EmpuTantular Sidoarjo. Kami memasuki Museum terlebih dahulu... Museum ini menyimpan Foto dan lukisan, Buku dan barang2 peninggalan yang berhubungan dengan sejarah bangsa ketika Pak Karno berjuang dan menjadi Presiden Republik Indonesia. Disini salah satunya kita bisa melihat Lukisan Pak Karno yang jantungnya bisa berdebar. Dari Museum kita langsung bisa menuju Makam. Makam Pak Karno selalu ramai dikunjungi untuk mendoakannya.
Selesai dari makam dan museum Bung Karno, kami langsung menuju ke Candi Penataran. Dari makam ke Candi Penataran kami menempuh hanya sekitar 10 - 15 menit saja. Candi Hindu yang ada di Blitar ini sungguh cantik, Area candi  juga terjaga kebersihannya. Sayangnya pada waktu kami mengunjungi candi ini, ada beberapa orang yang mencoba untuk melakukan ritual gaib. Jadi untuk orang seperti saya yang cukup peka, ada beberapa tempat yang nggak berani saya dekati karena rasanya berat nih di kepala sampai leher. Relief di candi juga menarik untuk dilihat karena relief-relief ini juga menceritakan sejarah kerajaan Indonesia khususnya Kerajaan di Jawa Timur.
Cukup menyenangkan mengunjungi candi Penataran yang sejuk, karena memang lokasi candi ini berada di kaki gunung kelud.
Perjalanan yang sangat ketat waktu ini kami lanjutkan ke Kampung Coklat. Dari Candi Penataran ke Kampung Coklat cukup jauh karena kari Timur ke Barat. Kampung Coklat ada di daerah Kademangan,tepatnya di Plosorejo - Kademangan Blitar. Dari pasar Kademangan belok kiri kurang lebih 3 KM kita sudah sampai di Kampung Coklat. 
Kampung Coklat ini Wisata Edukasi di kota Blitar yang memperkenalkan Bagaimana coklat diolah , mulai dari penanaman coklat sampai dipanen dan dijadikan produk-produk coklat yaitu permen, bubuk coklat dan lain2. Di sini kita bisa sangat bersantai di tengah kebun coklat, karena Kampung coklat di setting dengan banyak tempat duduk dan ada juga sofa utnuk kita bisa menikmati olahan coklat seperti minuman coklat panas dan dingin, Mie coklat, lumpia coklat, pisang coklat dan aneka makanan prasmanan.

Bisa juga sambil melakukan terapi ikan atau anak-anak yang suka main trampolin juga disediakan.Anak-anak juga bisa belajar menghias coklat sesuai kreatifitasnya dan disediakan juga Toko oleh-oleh kenang-kenangan dari Kampung Coklat... Komplit deh...
Kampung coklat rupanya menjadi tempat terakhir hari itu kami jalan-jalan di Kota Blitar. Karena kami memang membeli tiket kereta pulang pergi jadi hari itu juga jam 16.48 kami sudah harus sampai di stasiun Blitar untuk menuju ke stasiun Krian kembali dengan jadwal kereta Penataran terakhir.
Capek pasti..... tapi kami semua senang , dikeretapunkami bisa beristirahat karena walaupun kereta ekonomi dan tarifnya 15.000 rupiah , kereta ini nyaman dan ber AC. Tentunya perjalanan selama 5 jam menuju ke stasiun Krian, kami sudah menyiapkan bekal karena di kereta tidak ada restorasi.

Yaaaaah... kayaknya kami ini setengah backpekkeran lah... hi hi hi..... Salaaaaaaam...

Komentar

  1. Berapa ya sewa mobil keliling blitar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan hari waktu kami kesana, dapat harga 250 rb seharian itu...itu kami sewa dadakan pas ada di stasiun

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendapat Hidayah ....Saya Menyebutnya Seperti Itu ...

Gmb diambil : Kumpulan Gbr Kucing Imut Apakah kita punya Phobia ? Phobia itu menurut wikipedia adalah Rasa Takut yang berlebihan pada suatu hal atau Fenomena. Sebagian orang mungkin merasa aneh yaaa... misalnya aja takut kucing. Sebagian orang bingung , kenapa sih dengan kucing ? Lihat dia lucu kenapa takut ? Dan itulah yang terjadi pada saya dan mungkin juga pada sebagian orang yang takut sama Kucing. Takut Kucing itu berawal ketika lagi santai cuci piring, entah kenapa ada kucing yang mungkin lagi dikejar sesuatu , lari kenceng dan ngelewati kakiku. karena larinya kenceng dan keliatan keburu - buru , kukunya nancap di ibu jariku.. dan langsung muncrat mengeluarkan darah karena kulitku sobek. Waktu itu aku spontan teriak kencang memanggil kakakku sambil nahan rasa sakit. Sejak itu entah kenapa ada rasa marah, juga trauma kalo ada kucing di dekatku. Nyenggol bulunya sedikit aja udah begidik disertai perasaan yang aku nggak tau apa itu. Anehnya itu hanya terjadi pada kucing bukan H

Pisang Goreng Pasir

Pisaaaang....... Buah Pisang memang buah yang bisa diolah menjadi bermacam-macam penganan , bisa dijadikan bubur , cake pisang , dikukus , digoreng apalagi bisa digoreng tepung biasa, dipotong kecil-kecil trus dicampur tepung , namanya ganti lempang lempung , dan lain-lain Kandungan Pisang ada 6 yaitu , air, gula , protein, lemak , Vitamin dan Mineral. Karena kandungan gizi yang lemgkap dari buah Pisang ini , manfaat bagi kesehatanpun juga banyak , antara lain untuk Meningkatkan kekebalan Tubuh Obat Hipertensi Mencegah Kesehatan jantung Kesehatan janin Mengatasi Anemia Mengatasi gangguan pencernaan Menurunkan berat badan Naaaaaah, kalo sudah tahu Kandungan dan khasiatnya.... Yuuuk sekarang kita bikin  :  "PISANG GORENG PASIR" Resepnya............... Bahan : Pisang Kepok 1 sisir Tepung Pisang Goreng rasa menurut selera (Cappucino / strawberry) Tepung Panir Cara Membuat : Campur Tepung dengan air  dan masukkan pisang yg telah dikup

Warung Sederhana Gubeng Pojok

Namanya “Warung Sederhana” dan memang warungnya sederhana. Eksterior dan interior, menu, peralatan makan minum,pelayan, cara pelayanannya semuanya serba sedehana. Dibalik kesederhanaannya, warung ini selalu menjadi favoritku ,favorit banyak teman-temanku atau bahkan jadi favorit banyak orang surabaya dan penumpang kereta api tujuan surabaya yang baru aja sampai di Stasiun Gubeng. Warung ini buka 24 jam,karena kedatangan  penumpang kereta juga bisa jadi 24 jam. Tapi... pastilah warung ini nggak hanya punya segmen para penumpang kereta, karena siapapun yang kelaparan malam/dini hari bisa langsung menyantap makanan yang rasanya... hmmmm... nyummiiie.... menunya seperti nasi goreng, mie goreng/kuah, krengsengan, pecel lele, ayam penyet dll. Suasana warung sederhana gubeng pojok ini hampir tidak berubah dari dulu, yang bertambah bagus hanya mushola, toilet dan beberapa pernik daftar menu makanan. Penjual koran dan tabloid di depan warung juga masih di tempat sama sejak dulu. Kursi kay